Banner adz

Sabtu, 12 Maret 2016

Unknown

Tikus Panggang


Makanan-makanan yang terbilang ekstrim tersebut dapat anda temui dengan mudah dibeberapa pasar tradisional di kawasan pusat kota Manado. Termasuk tikus panggang. 

Menurut warga Manado, tikus yang dikonsumsi bukanlah tikus sembarangan. Tikus yang biasa dijadikan panganan ala barbeque itu adalah jenis tikus hutan, pun tikus hutan yang berekor putih.

Bukan tanpa alasan warga Manado memilih tikus-tikus hutan berekor putih. Menurut mereka, cara hidup dan makan tikus hutan tak seperti tikus rumahan atau tikus got yang memakan sembarang. Tikus hutan berekor putih ini konon hanya memakan tumbuh-tumbuhan.

Untuk memastikan yang akan dikonsumsi adalah asli tikus hutan, warga Manado biasanya hanya mau membeli tikus yang ekornya masih utuh dan warnanya putih.

Sebelum diolah, tikus hutan tersebut dibersihkan terlebih dahulu, termasuk isi perut semuanya dibersihkan. Setelahnya benar-benar bersih tikus hutan ini siap diolah baik dipanggang atau dimasak dengan cara lainnya. Dijadikan sate atau di panggang, adalah olahan favorit masyarakat Manado untuk tikus hutan ini. Dilengkapi dengan sajian bumbu serta kuah santan yang kental.